Jalan Cireundeu Indah III No. 37, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419 | Tel / WA: 0812-9380-5465
Jalan Cireundeu Indah III No. 37, Kecamatan Ciputat Timur,
Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
| Tel / WA: 0812-9380-5465

FAQ
(Pertanyaan Yang Sering)

J: Ya. Kurikulum di Bunayya Montessori sejalan bahkan lebih dalam dan lebih lengkap dibanding Kurikulum 2013. Kurikulum Bunayya Montessori dibuat dan sudah dijalankan dengan lancar dan baik sejak 2011.
Bunayya Islamic Montessori School masuk dalam kategori Sekolah Plus di Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Saat ini Bunayya Montessori memulai proses untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

J: Tidak. Bunayya Montessori percaya bahwa setiap anak “unik” dan istimewa. Itulah “Sang Juara”. Anak berbeda antara satu dengan yang lainnya dan tidak perlu dibanding-bandingkan dalam hal apapun, misalnya dalam kecepatan belajar dan gaya belajarnya.
Bunayya Montessori memiliki harapan yg tinggi untuk seluruh siswanya dan memerlukan keaktifan siswa yang maksimal setiap saat. Untuk itu, para guru selalu memberikan berbagai kegiatan belajar yang menantang keaktifan siswa melalui berbagai metoda belajar untuk memfasilitasi bermacam gaya belajar siswa. Siswa akan ‘menempatkan’ dirinya pada posisi yang nyaman dan aman  untuk mengembangkan dirinya.

J: Bunayya Montessori menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler sebagai sarana bagi siswa untuk mengexplore minat dan bakatnya, memberikan pengalaman-pengalaman belajar serta untuk membangun sikap mental prima dan percaya diri.
Setiap siswa harus mengikuti kegiatan ekstra-kurikuler wajib dan bisa mengikuti beberapa kegiatan ekstra-kurikuler yang tidak wajib.

J: Guru di Bunayya Montessori memiliki variasi latar belakang pendidikan tinggi dengan pengalaman mengajar di Sekolah Nasional dan Sekolah Internasional. Para guru ini berumur berkisar 25 – 45 tahun. Yang paling mendasar adalah, Bunayya Montessori hanya merekrut guru dapat “mengajar dengan hati” dan guru yang selalu menjalankan proses ‘belajar seumur hidup’. Para guru yang baru akan menjalani pelatihan khusus di Bunayya Montessori sebelum mereka terjun ke kelas. Secara berkala, dilakukan pelatihan bagi para guru ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar.

J: Tidak ada buku khusus untuk siswa. Bunayya Montessori mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat mencari dan mengorganisir informasi dari berbagai sumber belajar seperti buku, website, guru tamu, field trip, eksperimen ilmiah dll.
Salah satu keterampilan yang dikembangkan di Bunayya adalah keterampilan dalam melakukan riset/ penelitian. Keterampilan ini sangat bermanfaat pada saat mereka tumbuh dewasa dan terjun kemasyarakat kelak, diantaranya adalah bahwa di era globalisasi ini mereka perlu menyikapi secara tepat tentang berbagai gempuran informasi dari luar yang semakin tidak terbatas.  Oleh sebab itu, siswa belajar bukan hanya dari buku, melainkan dari berbagai sumber informasi seperti tersebut diatas.
Buku referensi wajib guru untuk pelajaran Matematika dan IPA adalah buku-buku yang direkomendasikan oleh Cambridge Curriculum. Sedangkan untuk mata pelajaran lain adalah dari buku-buku sumber Dikbud serta sumber informasi lain (internet dll).

J: Ya, kurikulum yang diterapkan Bunayya Montessori sejalan dengan Kurikulum 2013 Dikbud, dengan pengkayaan materi (Agama Islam, Life-skill dan Kewirausahaan) sebagai bekal dasar mereka untuk dapat melanjutkan ke sekolah lain. Hanya mereka akan memerlukan sedikit waktu untuk penyesuaian metoda belajar yang mungkin berlainan.
Bunayya merencanakan membuat sekolah lanjutan tingkat SMP dan SMU.

J: Untuk penerimaan siswa SD kelas 1, calon siswa harus mengikuti tes kesiapan belajar yang diadakan oleh pihak sekolah.
Pada prinsipnya Bunayya Montessori tidak menerima siswa pindahan.

J: Ya. Bunayya Montessori bekerjasama dengan lembaga Psikologi Center untuk menyelenggarakan kegiatan Test psikologi bagi seluruh siswa (di-update tahunan), kegiatan Parenting per kelas (per 3 bulan), serta Konsultasi khusus bagi siswa yang memerlukannya. Data hasil Test psikologi per siswa ini yang menjadi acuan bagi Psikolog (klinis) pada acara Parenting per kelas dan kegiatan Konsultasi khusus, juga menjadi acuan bagi para Guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar setiap hari.

J: Tidak. Bunayya Montessori memang memiliki fasilitas psikolog, namun tugasnya adalah untuk mendukung dan memaksimalkan kelancaran proses belajar mengajar bagi setiap anak.

Bunayya Montessori menerima beberapa siswa Disleksia.

J: Disleksia merupakan salah satu bentuk kesulitan belajar yang spesifik. Kesulitan belajar banyak, tetapi disleksia itu spesifik yaitu keluhan dalam belajar membaca diantaranya mengenali huruf, mengeja dan merangkaikan huruf menjadi kata. Kesulitan di area komunikasi dan bahasa merupakan area yang paling jelas terlihat, dan sudah dapat dideteksi sejak usia pra-sekolah atau bahkan lebih dini. Anak dengan disleksia sering sangat tidak dikenali sehingga jadinya dianggap pemalas, pembangkang, bodoh, padahal sebetulnya bukan itu. Sebagai akibatnya anak jadi sangat minder dan bila hal ini berlanjut akan berakibat fatal, anak akan meyakini bahwa dia memang bodoh.

Disleksia adalah gangguan neourologis yang sifatnya genetis. Jadi kondisi ini menetap. Disleksia tidak bisa diobati tetapi bisa diintervensi sedini mungkin sehingga anak bisa mengatasi masalahnya.

Lebih lanjut bisa dilihat di: https://id.wikipedia.org/wiki/Disleksia

Sebelum masuk ke Bunayya Islamic Lab-school calon siswa yang disleksia tersebut harus sudah di diagnosa oleh dokter spesialis anak dan psikolog.

Registrasi / Informasi